Cara Charger Aki Kering Sendiri Sederhana Mudah

Cara Charger Aki Kering Sendiri Sederhana Mudah – Berbagai komponen pada motor tentunya memiliki peranan tersendiri. Begitu pula dengan Aki, dimana fungsinya sebagai energy yang membangkitkan listrik pada ECU saat sebelum mesin motor di hidupkan. Peranan aki terbilang penting pada sistem injeksi dimana merupakan pengganti karburator untuk memasukkan bahan bakar ke dalam mesin untuk diproses ke pembakaran. Nah yang menjadi pertanyaan, apa jadinya jika aki pada mesin motor sedang tekor? Jika keadaan tersebut terjadi akan menyebabkan sistem ECU, klakson, lampu sein tidak akan bekerja dengan maksimal. Nah untuk alasan itulah anda harus melakukan pengisian ulang aki anda. Berikut ini akan kami sajikan mengenai cara charger aki kering sendiri.

Cara Charger Aki Kering Sendiri Sederhana Mudah

Langkah Pengisian Ulang Aki

Bagi yang awam akan dunia otomotif tentunya tidak mengetahui bahwa komponen motor yaitu Aki bisa di charge kembali. Memang banyak kejadian seperti lupa mematikan kontak yang akan menjadikan aki motor menjadi tekor. Bagi yang mengalami hal tersebut tentunya tidak perlu khawatir lagi. Pasalnya aki dapat di charger lagi. Hal tersebut dikarenakan aki mempunyai lebih dari satu sel. Dengan demikian aki merupakan sumber energy listrik dengan elemen ganda. Cara charger aki kering sendiri dapat dilakukan dengan memasang kutu positif dengan kutup positif, dan kutub negative dipasangkan pada kutub negative sisi lainnya.

Dalam melakukan pengisian ulang aki, anda sebaiknya menggunakan arus yang telah disesuaikan dengan spesifikasi pada aki itu sendiri. Dengan demikian pengisian aki tidak perlu menggunakan aru yang besar. Yang menjadi pertanyaan tentunya bagaimana jika spesifikasi yang tertera pada aki tidak sesuai. Sebaiknya anda mengusahakan mencari arus yang sesuai, dengan demikian akibat buruk terhadap aki anda bisa di hindari. Selain itu, yang perlu diperhatikan dalam melakukan pengisian ulang adalah cara charger aki kering sendiri dan lama pengisian. Dimana tidak boleh terlalu cepat ataupun terlalu lama.

Tidak hanya itu dalam ulasan cara charger aki kering sendiri berikut ini, masih ada yang perlu diperhatikan. Dimana jika anda terpaksa melakukan pengisian ulang dengan arus yang lebih besar, tentunya akan mengakibatkan usia aki motor anda menjadi lebih cepat mati. Walaupun pengisian tersebut akan berlangsung dengan cepat sekali. Pada kasus sebaliknya, jika pengisian aki dilakukan dengan arus yang lebih kecil, tentunya aki anda akan lebih lama proses pengisiannya. Dimana akibatnya tidak terlalu fatal seperti pada pengisian dengan arus yang besar.

Cara Menghitung Lama Pengsian Aki

Selain membahas cara charger aki kering sendiri, anda juga perlu mengetahui cara menghitung lama pengisian aki. Sebaiknya ikuti rumus dengan menghitung sesuai dengan arus yang digunakan, yaitu besar Ah pada aki di bagi dengan besar arus charger kemudian ditambah 20%. Dengan menghitungnya anda akan menemukan waktu pengisian yang tepat untuk aki anda. 20% dalam tersebut merupakan inefisiensi rata-rata pabrikan aki saat melakukan pengisian ulang dari jam ke jam hingga aki tersebut penuh

Pada model aki jenis tertentu telah dilengkapi dengan sistem pemutus arus otomatis dengan mengaplikasikan relay. Dengan demikian ketika pengisian aki telah penuh, secara otomatis akan menghentikan pengisian. Jika model aki miliki anda merupakan tipe seperti itu tentunya anda tidak perlu memperhitungkan lamanya pengisian aki anda. Tidak hanya itu anda juga tidak perlu khawatir akan pengisian aki yang berlebih. Bagi anda yang memiliki aki namun belum mempunyai sistem tersebut anda juga bisa membuat nya sendiri. Nah itulah ulasan mengenai cara charger aki kering sendiri. Semoga bermanfaat.

Cara charger aki kering sendiri merupakan panduan dalam melakukan pengisian sumber energy pada motor yang memiliki peranan vital pada sebuah motor.

Incoming Search Terms:

  • cara charge aki kering sendiri
  • cara ngecas aki kering
  • cara cas aki kering
  • cara cas aki kering sendiri
  • cara mengecas aki kering
Cara Charger Aki Kering Sendiri Sederhana Mudah | Gina Nurhidayati | 4.5