Cara Ganti Oli Motor Sendiri Mudah Praktis

Cara Ganti Oli Motor Sendiri Mudah Praktis – Anda yang memiliki motor harus dapat melakukan perawatan rutin pada motor anda agar tetap dalam nyaman ketika dikendarai. Salah satu perawatan penting untuk motor adalah rutin mengganti oli motor. Oli merupakan komponen terpenting dalam motor, untuk itu perlu diganti secara berkala. Untuk dapat mengganti oli motor, terkadang banyak orang yang tidak mau susah-susah dan langsung membawanya ke bengkel motor terdekat. Padahal cara ganti oli motor sangat mudah untuk dilakukan sendiri di rumah. Memang banyak alasan mengapa banyak orang tidak mau melakukannya sendiri, misalnya tidak punya peralatan selengkap bengkel, tidak mau kotor, atau bahkan karena tidak mengetahui caranya. Untuk itu kali ini akan kami bagikan cara ganti oli motor sendiri tanpa ribet, dengan menggunakan peralatan sederhana di sekitar anda.

Cara Ganti Oli Motor Sendiri Mudah Praktis

Langkah persiapan ganti oli motor

Langkah persiapan dalam mengaplikasikan cara ganti oli motor sendiri ini dapat dilakukan dengan menyediakan peralatan yang diperlukan untuk mengganti oli motor. Ada beberapa peralatan yang harus anda sediakan seperti wadah yang berukuran sedang untuk dapat menampung oli bekas, kunci ring berbagai ukuransesuai jenis motor untuk membuka baut pada bagian tap oli, corong untuk memasukkan oli baru, tang, kompresor, dan juga oli baru. Pastikan anda memilih oli yang berkualitas bagus agar performa motor anda dapat semakin meningkat. Ketika membeli oli motor, anda perlu memperhatikan oli apa yang cocok dengan spesifikasi motor anda.

Cara ganti oli motor sendiri dapat semakin mudah ketika mesin motor anda dalam keadaan hangat. Sebab pada kondisi ini oli motor akan encer dan tidak akan ada sisa oli yang kotor di mesin anda.

Langkah penggantian oli motor sendiri

Setelah semua peralatan siap, mulailah cara ganti oli motor sendiri dengan menaruh wadah di bagian bawah mesin motor agar ketika baut tap dibuka, cairan oli dapat mengalir ke wadah. Setelah wadah siap di posisi, anda dapat membuka baut tap oli bagian bawah sebagai jalan keluar bagi oli. Jangan lupa buka juga tutup oli di bagian atas agar pembuangan oli lebih maksimal. Agar oli benar-benar bersih, anda dapat menggunakan kompresor pada lubang atas tutup oli. Jika memang anda tidak memiliki kompresor, anda dapat melakukan. Jika pada motor anda terdapat saringan oli, maka anda juga perlu membersihkan bagian ini dari kotoran yang menempel. Setelah benar-benar bersih, pasang kembali saringan oli pada tempatnya dengan benar agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Jangan lupa juga pasang baut tap bagian bawah.

Langkah selanjutnya dalam cara ganti oli motor sendiri ini adalah dengan membuka oli baru. Pasang corong agar anda lebih mudah dalam memasukkan oli ke tempatnya. Masukkanlah secara perlahan agar oli tidak sampai tumpah dan berlebihan. Setelah oli dimasukkan dengan kadar yang pas, anda dapat memasang kembali baut tap oli bagian atas. Kencangkan baut tersebut agar oli tidak bocor kemana-mana. Lanjutkan dengan mencoba menyalakan mesin motor anda, biarkan menyala beberapa menit agar peredaran oli pada mesin benar-benar merata. Setelah itu matikan mesin dan cek kembali baut tap oli dan pastikan bahwa banyaknya oli yang anda masukkan tidak berlebihan.

Demikian beberapa langkah yang dapat kami sampaikan untuk anda terkait cara ganti oli motor sendiri. Cara mudah ini tentunya sangat mudah untuk diaplikasikan di rumah tanpa perlu membawa motor anda ke bengkel dan membayar jasa montir. Dengan melakukan penggantian oli motor sendiri, anda dapat melakukan yang terbaik untuk tunggangan anda, mulai dari pembersihan bagian-bagian tertentu yang maksimal hingga memilih oli terbaik.

Cara ganti oli motor sendiri tidak terlalu susah seperti yang dibayangkan, cukup sediakan peralatan dan ikuti panduan mengganti oli motor yang benar.

Incoming Search Terms:

Cara Ganti Oli Motor Sendiri Mudah Praktis | Gina Nurhidayati | 4.5