Cara Ganti Oli Power Steering Mobil Sendiri

Cara Ganti Oli Power Steering Mobil SendiriKetika anda seddang mengemudi dibelakang steer mobil mungkin anda pernah mengalami beratnya memutar steer padahal steer yang anda gunakan  ini menggunakan sistem power steering.  Hal seperti ini kemungkinan besar disebabkan oleh oli pada power steering yang harus segera diganti.  Sama halnya seperti komponen mesin lainnya yang memerlukan perawatan seperti pemberian pelumas agar tetap bisa berfungsi dengan baik.  Dalam jarak waktu penggantian oli pada power steering ini mungkin bisa dilakukan setelah penggunaan selama 1 tahun.  Akan tetapi penggantian oli ini juga bisa anda lakukan ketika ower steering pada mobil anda sudah terasa tidak nyaman digunakan.

oli-power-steering

Cara Ganti Oli Power Steering Mobil Sendiri

Untuk penggantian oli power steering ini sebenarnya bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan bahkan anda yang bukan seorang mekanik bisa melakukan penggantian oli pada power steering ini.  Alat-alat yang perlu anda siapkan untuk mengganti oleh ini diantaranya adalah selang, plastik, penjepit, dan juga sebuah wadah yang dipergunakan untuk menampung oli power steering yang bekas dan akan diganti.

  1. Anda harus mencari dimana posisi dari reservoir yang terdapat di power steering mobil anda. Untuk mencari lokasi reservoir ini anda bisa menggunakan buku petunjuk manual mobil anda.  Akan tetapi jika anda tidak bisa menemukannya anda bisa menanyakan hal ini pada orang-orang yang paham terhadap mesin mobil.  Bila sudah ditemukan ana bisa melakukan penyedotan oli yang terdapat dalam reservoir hingga habis.
  2. Ada hal lain yang juga perlu anda ketahui dalam penggantian oli ini. Dalam reservoir ini terdapat dua selang yang mempunyai fungsi berbeda.  Dalam reservoir ini terdapat selang dengan ukuran yang besar dengan fungsinya untuk menghubungkan reservoir itu sendiri ke pompa power steering dengan tekanan tinggi yang dimilikinya.  Sementara itu terdapat juga selang yang berukuran kecil dengan fungsinya untuk menyalurkan oli yang ada di gear box power steering menuju ke reservoir dengan tekanan yang lebih rendah.
  3. Selang kecil yang terdapat pada reservoir ini anda lepaskan terlebih dahulu untuk mengeluarkan oli yang terdapat dalam power steering. Kelurkan oli ini menuju wadah yang tadi sudah disiapkan untuk menampung oli lama dari power steering mobil anda.  Ditahapan inilah sebenarnya anda sudah bisa melakukan pembersihan power steering dari oli lama.  Untuk bisa menampung oli ini anda bisa menyalakan mobil anda agar oli bisa keluar dari selang yang kecil.
  4. Setelah step pengurasan tersebut pasti tabung reservoir ini akan kosong karena dipastikan udara tidak masuk ke power steering dan juga pengisian gear box pada power steering kosong.
  5. Dalam pengurasan ini perhatikan warna oli yang keluar apakah telah berubah warna menjadi bening atau tidak. Apabila anda oli yang keluar sudah berubah warna menjadi bening maka anda bisa mematikan mesin mobil anda.  Oli yang warnanya berubah ini dikarenakan oli yang mulanya kotor telah diganti oleh oli yang baru.  Kemudian anda bisa mengembalikan selang yang kecil tadi keposisi awal di reservoir.
  6. Kemudian anda bisa mengeluarkan udara yang kemungkinan masuk kedalam karena sirkulasi yang ada di sistem power steering ketika pegurasan oli berlangsung. Anda bisa menyalakan mesin mobil anda dan lakukan putaran steer mobil anda ke kanan atau kiri secara full, lakukan hitungan mundur selama 10 detik yang kemudian lakukan gerakan putaran kearah yang berlawanan.  Setelah itu anda bisa mengembalikannya ke posisi netral.  Hal ini bisa anda lakukan secara berulang hingga akhirnya suara seperti sebuah getaran hilang.  Terakhir yang harus anda cek adalah tingkatan oli dalam reservoir yang kemudian bisa anda tutup dengan rapat.

Selamat mencoba.

Cara Ganti Oli Power Steering Mobil Sendiri | Hamdani Supiyan | 4.5