Cara Kerja Sistem Immobilizer Pada Mobil

Cara Kerja Sistem Immobilizer Pada Mobil – Hallo sobat otomotif semua, kali ini kami akan membahas sistem kerja dari Immobilizer pada mobil. Namun sebelum itu, apakah anda sudah tahu apa itu immobilizer? Untuk yang belum mengetahuinya, kami akan menjelaskannya secara singkat, jadi Immobilizer merupakan salah satu system keamanan yang diterapkan pada kendaraan roda empat dimana mobil akan lumpuh seketika jika kunci kontak untuk menghidupkan mesin tidak sesuai atau salah. Immobilizer pada mobil sendiri terdiri dari beberapa komponen, diantarnya transponder yang ada pada anak kunci kontak, IMOES Unit, Immobilizer Unit Receiver lampu indicator, PCM (Powertrain Control Module) dan ECM (Engine Control Module).

Sistem kerja dari Immobilizer sendiri adalah ketika dimasukannya kunci kontak pada ignition swicth dan diputar ke kondisi on, maka bagian Immobilizer Control Unit Receiver bakal mengirim sinyal menuju transponder yang ada pada kunci kontak lalu transponder akan mengirim sinyal balik tentang isi code lewat Immobilizer Control Unit Receiver menuju ECM (Engine Control Module).

Cara Kerja Sistem Immobilizer Pada Mobil

Cara Kerja Sistem Immobilizer

Selanjutnya jika code yang telah dikirimkan sesuai dengan yang ada pada PCM dan juga ECM, maka otomatis mesin mobil bisa dihidupkan. Akan tetapi jika code yang diterima salah atau tidak dikenali ECM, maka dengan sendirinya mesin mobil tidak dapat dihidupkan. Nah, oleh karena ini sistem Immobilizer merupakan fitur keamanan mobil dari pencurian ketika mobil ditinggalkan di parkiran atau tempat yang sepi.

Seperti halnya contoh yang satu ini, karena memang minimnya pengetahuan, ada salah satu roang yang baru membeli mobil bekas yang memang pada mobil tersebut hanya terdapat satu kunci. Kekhawatiran terhadap hilangnya kunci mobil tersebut, maka si pemilik mobil tersebut berinisiatif untuk membuat kunci cadangan, namun apa yang terjadi? Ketika mobil distarter memakai kunci cadangan itu mesin mobil tidak dapat hidup. Hal ini disebabkan karena mobil yang baru dibelinya tersebut telah menerapkan sistem Immobilizer sebagai fitur keamanannya.

Itulah tadi cara kerja dari sistem Immobilizer pada kendaraan roda empat atau mobil yang bisa kami sampaikan untuk anda. Semakin canggihnya teknologi dibidang industri mobil membuat para pemilik mobil tidak perlu khawatir lagi pada saat memarkir kendaraannya, karena sudah ada sistem Immobilizer sebagai fitur pengamanan. S

Cara Kerja Sistem Immobilizer Pada Mobil | Acim Sucipto | 4.5