Cara Memasang Alarm di Sepeda Motor

Cara Memasang Alarm di Sepeda MotorSeiring perkembangan jaman kendaraan banyak yang menggunakan sistem injeksi.  Sistem injeksi yang dibantu dengan sistem komputerisasi ini menjadi salah satu part pendukung pada beberapa kendaraan.  Selain itu dengan berkembangnya jaman juga diikuti oleh sistem keamanan pada kendaraan yang ikut berkembang.  Sistem keamanan pada kendaraan seperti alarm anti maling pada mobil menjadi sistem keamanan yang sering digunakan oleh beberapa pemiliki mobil.  tapi kali ini kita tidak akan membahas tentang alarm pada mobil melainkan alarm pada sepeda motor.

alarm-motor

Cara Memasang Alarm di Sepeda Motor

Cara kerja alarm yang dipasangkan pada sepeda motor ini sebenarnya tidak berbeda jauh dengan alarm yang dipasangkan pada mobil.  Ketika ada seseorang yang mempunyai niat buruk untuk mencuri sepeda motor anda pastilah target yang paling pertama di tuju pastinya kunci kontak pada sepeda motor anda.  Ketika pencuri ini berhasil meutar kunci kontak ke posisi on maka bunyi klaksonnyang keras akan langsung terdengar.  Hal inilah yang bisa mencegah usaha pencurian pada sepeda motor anda.  Maka dari itu kali ini kita akan membahas cara memasang alarm disepda motor anda.  sebelum menuju langkah-langkah memasang alarm alangkah baiknya kita siapkan alat dan bahannya terlebih dahulu.

Alat :

  1. Solder dan Timah
  2. Gunting
  3. Lakban atau Isolasi khusus untuk kabel
  4. Tang

Bahan :

  1. Saklar dengan 3 kaki-kaki
  2. Kabel 3 m
  3. Socket Relay
  4. Relay dengan 4 kaki-kaki

Alat dan bahan tersebut bisa anda dapatkan di toko-toko elektronik yang berada didekat rumah anda.  Setelah menyiapkan alat dan bahan maka kita bisa lanjut ke cara pemasangannya.

Cara Memasang Alarm di Sepeda Motor

  1. Anda bisa memasang saklar ditempat yang hanya anda saja yang tahu. Usahakan juga tersembunyi dan jauh dari jangkauan orang lain.
  2. Lakukan pemotongan kabel pada bagian kabel negative CDI dengan menggunakan tang.
  3. Sambungkan kabel ke saklar. Perhatikan terlebih dahulu nomor pada kaki-kaki saklar.  Kabel pada CDI bisa disambungkan ke kaki nomor 1 terletak dipinggir.  Kemudian potongan kabel bisa disambungkan ke kaki saklar nomor 2 yang terletak dibagian tengah.  Kemudian siapkan kabel panjang tadi untuk disambungkan ke kaki saklar nomor 3 yang kemudian akan dipasangkan ke klakson.
  4. Sebelum memasangkan kabel ke klakson anda bisa memasang relay terlebih dahulu kedalam socketnya. Anda bisa memasangkan kabel panjang ke kaki no 86 di relay yang kemudian bisa lanjut disambungkan pada kutub negative klakson.  Kemudian anda menyambungkan kaki no 30 dan 85 jadi satu yang kemudian disambungkan ke kutub positif pada klakson.  Kaki yang bernomor 87 bisa anda pasangkan ke aki.
  5. Rapikan kembali kabel-kabel yang tadi sudah disambungkan.

Itulah cara memasang alarm yang bisa anda lakukan.  Semoga artikel ini bermanfaat dan anda bisa memasang alarm pada motor anda.

Cara Memasang Alarm di Sepeda Motor | Hamdani Supiyan | 4.5