Cara Memperbaiki Gardan Mobil Yang Bunyi

Cara Memperbaiki Gardan Mobil Yang Bunyi – Gardan atau Differential ini memiliki fungsi untuk menyalurkan tenaga mesin pada poros roda. Gardan sendiri sering mengalami masalah yakni terdengarnya suara yang berdengung pada saat menggeber mobil pada kecepatan maksimal. Hal ini disebabkan jarak bebas pada gigi Corwn Whel serta gigi Pinion yang terlalu renggang jadi akan sangat mudah aus. Selain karena jarak renggang dari kedua gigi tersebut, bisa juga karena kedua gigi tersebut rusak atau gigi atau ring gigi bolu-bolu Gear differential telah mengalami keausan. Penyebabnya pun bisa juga dikarenakan penggunaan oli yang kurang berkualitas.

Sering kali orang sangat jarang merawat serta mengecek kondisi gardan ketika masih normal. Padahal mengecek kondisi gardan tidak lah sulit. Perawatan gardan yang paling dasar adalah mengecek apakah oli yang ada pada gardan masih baik atau sudah dalam kondisi yang kurang baik. Solusi terbaik adalah hanya perlu mengganti oli secara berkala pada tiap 1000 km, biasanya pergantian oli gardan dibarengi dengan pergantian oli transmisi.

Cara Memperbaiki Gardan Mobil Yang Bunyi

Cara Memperbaiki Gardan Mobil Yang Bunyi

Untuk yang kebingungan dalam memilih oli gardan dengan kualitas baik, berikut kami bawakan solusi nya untuk anda. Secara umum, oli gardan untuk mobil lawas biasanya menggunakan oli jenis SAE 140. Selain itu, untuk kendaraan yang sering dipakai di jalanan perkotaan, kami sarankan untuk memilih oli dengan spesifikasi SAE 75-90 atau bisa oli 80W90. Namun untuk mobil pribadi atau yang sejenisnya, kami rekomendasikan anda untuk memilih SA90.

Perbaikan gardan yang mengeluarkan bunyi dengung, anda perlu menyeting ulang jarak bebas gigi Crown Whel serta gigib pinion, dan gantilah komponen yang telah rusak dengan yang baru. Salah satu komponen yang paling sering rusak adalah komponen yang kami sebut ring bolu-bolu. Untuk menyetel ulang, bongkarlah terlebih dulu gardannya, namun sebelum anda membongkar gardan, ada baiknya anda lihat dulu kondisi dari oli gardannya. Apakah oli gardan tersebut berkurang atau tidak dan masih dalam keadaan baik atau sudah tidak baik. Kalau oli gardan sudah diganti dengan SAE 140 namun gardan masih berdengung, kini anda perlu menyetel ulang gardan tersebut. Tapi masih ada cara lain untuk bisa menghilangkan dengung pada gardan.

Jika ingin dengung hilang tanpa perlu membongkar gardan, caranya adalah gantilah oli gardan dengan oli kental (oli kobok/oli curah) oli tersebut memiliki tekstur yang sangat kental macam stemplet yang mencair. Bisa juga anda masukan stemplet pada oli gardan, cara yang satu ini kerap kali digunakan di gardan dengan gigi crown whel dan pinion yang rusak dan memang perlu diganti, namun masih digunakan. Namun cara yang satu ini hanya bersifat sementara, mengapa demikian? Karena dengung pada gardan menandakan ada komponen yang tealh rusak dan perlu anda setel ulang atau diganti.

Cara Memperbaiki Gardan Mobil Yang Bunyi | Acim Sucipto | 4.5