Cara Memperbesar Pengapian Pada Sepeda Motor

Cara Memperbesar Pengapian Pada Sepeda Motor – Pada sepeda motor, proses pengapian memiliki peranan yang sangat fital dikarenakan proses pengapian yang normal akan membuat kita merasa nyaman dan lancar pada saat menggunakan sepeda motor tersebut. Akan tetapi sering kali kita ingin untuk meningkatkan kapasitas dari pengapian sepeda motor tersebut supaya kinerjanya lebih mantap lagi, namun jika dilakukan sendiri kita akan kebingungan untuk meningkatkan pengapian tersebut. Nah untuk itulah disini kami akan mencoba membagikan tips dan trik meningkatkan kapasitas pengapian dengan mudah dan sederhana.

Pada dasarnya, pengapian pada motor standaran tidak perlu diperbesar lagi. Melainkan hanya dengan memakai kapasitor 4.7 uF untuk meningkatkan pengapiannya. Kalau anda lebih memilih untuk menggunakan kapasitor besar agar suplai api lebih besar lagi bisa saja anda lakukan. Jika hal tersebut dilakukan, anda juga perlu meningkatkan ukuran pada spuyernya agar piston tidak bolong karena pengapian yang kering.

Cara Memperbesar Pengapian Pada Sepeda Motor

Cara Memperbesar Pengapian Pada Sepeda Motor

Sementara itu, kapasitor sendiri merupakan komponen elektronika yang sering kali kita jumpai pada tv, tipe, radio atau benda elektronik lainnya. Kapasitor memiliki dua buah kaki dimana pada masing-masing kaki nya dibekali daya berbeda. Pada kaki kapasitor yang panjang adalah muatan positif (+) dan kaki kapasitor yang pendek memiliki muatan negatif (-), untuk ukuran kapasitor tidaklah besar. Harga satuan kapasitor sendiri cukup terjangkau dan mudah didapat.

Lantas bagaimana cara menyambungkan atau menambah kapasitas pengapian dari CDI ke kiol? Nah, langkah awal adalah anda pelu menyambungkan kabel yang terdapat di CDI ke kaki bermuatan negatif, lalu sambungkan kaki bermuanatan positif ke koil jika inging mengalirkan arus ke koil nya.

Cara lain untuk memperbesar pengapian adalah dengan bantuap Groud Strap

Cara yang satu ini ialah bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja koil. Dimana cara ini guna meredam distorsi serta frekuensi yang ada disektor kabel busi. Sementara itu, arus listrik dari busi yang dihasilkan koil tersebut sangatlah tinggi arusnya.

Untuk tahapan yang akan kita tempuh selanjutnya, kita sendiri perlu menyiapkan bahan-bahajn seperti kabel tembaga dan solasiban. Berikut tahapan-tahapan lengkapnya :

  1. Pertama adalah buka terlebih dulu koil.
  2. Kupas dulu kabel tembaga tersebut jika masih terbungkus.
  3. Setelah itu lilitkan pada sepanjang kabel busi dengan rapi dan rapat.
  4. Disalah satu ujung akan dibuat untuk dudukan koil.
  5. Dan untuk ujung lainnya usahakan jaraknya tidak terlalu dekat padud busi.
  6. Terakhir silahkan bungkus kembali kabel tersebut memakai solasiban.
  7. Selesai.

Demikianlah cara sederhana meningkatkan pengapian sepeda motor. Semoga apa yang kami sampaikan dipekan kali ini bisa bermanfaat untuk anda semua, khususnya untuk anda yang ingin melakukan cara ini sendiri dirumah tanpa perlu pergi ke bengkel. Sampai jumpa lagi dan selamat mencoba.

Cara Memperbesar Pengapian Pada Sepeda Motor | Acim Sucipto | 4.5