Cara Mengatasi Karburator Banjir dan Penyebab

Cara Mengatasi Karburator Banjir dan Penyebab – Meski kini hampir semua pabrikan motor menerapkan sistem injeksi pada motor besutannya, namun para pengguna sepeda motor masih didominasi dengan motor yang dibekali sistem karburator. Sistem kerja dari karburator sendiri ialah mencapur bahan bakar dengan udara sehingga timbul kabut dan dilakukannya pembakaran di ruang silinder.

Jika karburator sudah berumur, maka akan sering timbul masalah yang cukup merepotkan, diantaranya adalah karburator banjir atau meluapnya bensin didalam karburator itu sendiri. Lalu apa sebenarnya penyebab dari sering banjirnya karburator dan bagaimana cara mengatasinya? Penasarankan? Simak informasi lengkapnya sebagai berikut.

Cara Mengatasi Karburator Banjir dan Penyebab

Cara Mengatasi Karburator Banjir

Faktor Penyebab Karburator Banjir :

Penyebabnya sendiri adalah pada bagian needle valve yang tidak bisa menutup secara sempurna. Dibagian bawah dari karburator sendiri ada salah satu ruang yang biasa disebut ruang pelampung, berfungsi sebagai penampung bahan bakar sementara. Dalam ruang pelampung ini sendiri ada sebuah pelampung yang terlah tersambung ke needle valve. Fungsi dari piranti needle valve ini sendiri adalah katup sebagai penutup dan pembuka pasokan bensi dari tengke yang menuju karburator.

Jika ruang pelampung tersebut kekurangan bensin, maka secara otomatis Needle Valve akan terbuka jadi bensin bisa masuk ke ruang pelampung tersebut. Sementara pada saat bensin telah memenuhi ruang pelampung maka saluran tersebut akan ditutup oleh needle valve. Nah, pada saat tidak maksimalnya penutupan dari Needle valve ketika ruang pelampung sudah terisi penuh, saat itulah bensin akan meluap sehingga menyebabkan karburator banjir.

Cara Mengatasi Masalah Karburator Banjir :

Untuk masalah ini anda tidak perlu khawatir, karena cara mengatasi karburator yang banjir sangatlah mudah untuk dilakukan sendiri dirumah.

  1. Lepaskan terlebih dulu karburator dengan kepala silinder, lepas kedua baut lalu diikuti dengan mencopot kabel gas serta cuk.
  2. Namun kalau ada pemakaian filter udara, maka anda bisa lepaskan terlenih dulu filter tersebut supaya lebih mudah pada saat akan melepas karburator.
  3. Jika karbu sudah dilepaskan, bongkarlah dengan melepaskan keempat baut yang menempel dibagian bawah.
  4. Kalau sudah dibongkar, bukalah ruang pelampung maka akan terlihat pelampung plastik.
  5. Selanjutnya lepaskanlah pelampung dengan cara tarik keluar bagian sindiknya, sehingga pelampung tersebut akan copot bersama Needle valve.
  6. Lakukannya penyetingan, caranya logam tempat dudukan valvle agak dibengkokan ke atas.
  7. Kalau sudah dibengkokan, anda bisa memasang kembalo pelampung beserta need valve nya.
  8. Pengecekan selanjutnya adalah dengan ditiup pada lubang masuk yang terhubung ke selang bensin, gerakan juga pelampung tersebut ke atas dan ke bawah.
  9. Pastikan lagi jika pelampung tersebut berada diposisi bawah, needle valve terbuka secara sempurna dan pada  saat posisi pelampung sejajar, need valve dapat menutup maksimal. Kalau belum pas, anda bisa melakukan penyetingan ulang.

Sebelum hendak memasangkan kembali karburator ke kepala silinder, ada baiknya anda melakukan pembersihan khusunya untuk sektor spuyer. Sekian dair kami tentang mengatasi masalah karburator banjir ini. Semoga bisa memberikan manfaat lebih untuk anda semua. Sampai jumpa lagi.

Incoming Search Terms:

Cara Mengatasi Karburator Banjir dan Penyebab | Acim Sucipto | 4.5
Threesome