Cara Mengatasi Rem Cakram Motor Macet

Cara Mengatasi Rem Cakram Motor Macet – Cara mengatasi atau memperbaiki rem cakram seret adalah salah satu langkah pemeliharaan sepeda motor dan perlu diperhatikan serius karena kita senantiasa ingin semua komponen pada sepeda motor berfungsi dengan baik, jadi pada saat kita akan melakukan perjalanan jauh akan lebih enak dan yang pasti aman.

Rem cakram sendiri memiliki peranan fital untuk keselamatan setiap pengendara motor dijalanan kota, apalagi bagi mereka yang sering melewati jalanan terjal seperti diarea perbukitan, jalanan yang rusak dan masih banyak lagi. Banyak sekali pengendara merasa malas untuk mengecek atau menservis rem cakram baik itu cakram depan ataupun belakang.

Cara Mengatasi Rem Cakram Motor Macet

Cara Mengatasi Rem Cakram Motor Macet

Kerusakan yang kerap kali terjadi pada rem cakram ialah ditandai dengan rotor piringan serta pad rem piringan (bantalan) yang kotor karena debu atau terkena air laut. Untuk itu, cara mengatasi remc cakram motor seret adalah dengan memeriksa komponennya satu per satu.

Cara Mengatasi Rem Cakram Seret Pada Motor

1. Langkah awal ialah melakukan perawatan yang benar pada rem cakram dan hindari kontaminasi terhadap sabun cuci atau pelumas mesin. Kami sarankan untk tidak memakai minyak pelumas yang ada didekat rem cakram, pasalnya jika rotor terkena setetes pelumas saja maka data cengkram rem akan berkurang drastis.

2. Pada saat mencuci motor memakai air sabun, lakukan segera langkah pengeringan disekitar rem cakram untuk menghilangkan air sabun dan mencegah sabuh yang bisa saja masuk ke bagian kaliper rem.

3. Jika rotor pada rem cakram terkontaminasi cairan sabun, gunakanlah cairan isopropil alkohol untuk menghilangkannya dengan cepat. Lain halnya pada pad rem piringan atau bantalan, jika sudah terkontaminasi dan kondisinya sangat parah maka langkah paling aman adalah ganti dengan yang baru.

4. Kalau rem cakram yang seret terasa ada getaran, kemungkinan besar bagian rotor, pad rem oiringan dan piranti lainnya telah rusak atau mengalami kelonggaran. Terlebih lagi jika pada saat pengereman dilakukan, getaran sudah sangat parah maka segeralah ganti komponen yang rusak jika memang tidak dapat lagi dibawa ke tukang servis.

5. Periksa bagian kampas rem, jika cengkraman terasa berat maka lakukanlah penyetelan ulang. Hal ini bisa dikarenakan kondisi kampas yang masih baru dan cukup tebal.

6. Periksa juga bagian piston, kalau kondisi kering maka piston tidak akan elastis lagi pada saat pedal rem ditarik oleh anda. Cara mengatasinya ialah dengan membersihkan caliper memakai air karena bisa saja terdapat debu atau kotoran yang melekat. Selanjutnya berikan sedikit pelumas pada piranti tersebut.

7. Terakhir adalah mengecek bagian per, dudukan kampas dan plat, jika bagian yang disebutkan telah bengkok atau miring segeralah diservis. Masalah bengkok tersebut bisa saja terjadi karena goncangan pada saat anda melewati jalanan yang terdapat polisi tidur memakai kecepatan tinggi.

Itulah beberapa cara mengatasi rem cakram motor seret yang bisa kami bagikan untuk anda semua. Semoga apa yang kami sampaikan bisa bermanfaat untuk anda semua. Sampai jumpa lagi.

Cara Mengatasi Rem Cakram Motor Macet | Acim Sucipto | 4.5