Cara Mengganti Oli Gardan Motor Matic Sendiri Mudah

Cara Mengganti Oli Gardan Motor Matic Sendiri Mudah – Anda yang memiliki motor matic pastinya perlu memberikan perawatan terbaik untuk matic anda agar tetap terasa nyaman ketika digunakan. Salah satu faktor yang menyebabkan motor matic anda berkurang kenyamanannya adalah karena anda tidak melakukan penggantian rutin terhadap oli transmisi atau yang lebih dikenal dengan gardan. Oli transmisi pada motor matic sangat penting kegunaannya yakni tidak lain untuk menjadi pelumas mesin motor matic. Tentu jika oli gardan ini sudah kotor, tinggal sedikit, atau sudah mencapai batas maksimal penggunaannya, maka anda perlu segera menggantinya agar motor anda tetap memiliki performa yang handal. Untuk dapat mengganti oli gardan ini, anda tidak perlu repot-repot membawanya ke bengkel motor. Kini anda dapat melakukan penggantian oli gardan matic di rumah sendiri. Untuk itu akan kami sampaikan cara mengganti oli gardan motor matic agar menjadi pedoman untuk anda.

Cara Mengganti Oli Gardan Motor Matic Sendiri Mudah

Cara mengganti oli gardan motor matic sendiri

Anda mungkin malas membawa motor matic anda untuk mengganti oli gardan, untuk itu anda dapat melakukannya sendiri di rumah. Anda tidak perlu memiliki ketrampilan khusus untuk melakukan penggantian oli ini, anda cukup mengikuti beberapa cara mengganti oli gardan motor matic yang kami sampaikan kali ini. Pertama-tama pilihlah oli gardan yang memiliki kualitas unggulan dan tentunya cocok untuk spesifikasi motor matic anda. Siapkan juga peralatan untuk memulai penggantian oli gardan motor matic anda, seperti kunci t ukuran 12, baskom kecil, dan juga kompresor jika ada. Lanjutkan dengan menyiapkan motor matic yang akan diganti oli gardannya. Jika perlu panaskan dulu motor agar saat oli gardan anda dalam keadaan hangat dan tidak menggumpal. Dengan demikian akan semakin mudah dalam proses pengeluarannya nanti. Posisikan motor dengan standard 2. Posisi ini dianggap lebih aman ketika anda melakukan penggantian oli gardan. Siapkanlah baskom kecil tadi di bagian bawah tempat oli gardan. Fungsi utama dari penggunaan baskom ini tidak lain agar oli yang nantinya keluar tidak tercecer kemana-mana. Untuk itu anda perlu menempatkannya pada posisi yang benar dan tepat.

Langkah selanjutnya dalam mengaplikasikan cara mengganti oli gardan motor matic adalah dengan membuka baut atas dan baut bawah tempat oli gardan. Gunakan kunci t12 untuk membuka baut-baut tersebut. Bukalah baut yang atas dulu kemudian baru yang bagian bawah. Setelah baut terbuka semua, maka oli yang masih ada dalam motor matic akan mengalir keluar melalui baut bawah. Tunggu hingga proses pengeluaran oli benar-benar selesai. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, anda dapat menggunakan kompresor untuk meniupkan angin dari baut atas agar oli yang ada di tempat oli benar-benar bersih. Jika memang anda tidak memiliki kompresor, anda dapat melakukan alternative lainnya dengan memiringkan motor matic anda. Ketika motor masih dalam standard 2, buka juga standar samping. Miringkan motor ke arah kiri hingga dapat ditopang oleh standard samping. Dengan cara ini oli akan dapat mengalir keluar secara sempurna.

Selanjutnya untuk menerapkan cara mengganti oli gardan motor matic sendiri, anda dapat mengembalikan posisi motor dengan standard 2 dan memasang baut bawah sesuai posisi semula. Ambil oli gardan anda yang baru, kemudian masukkan ke tempat oli gardan melalui baut atas. Tekan botol oli agar seluruh oli dapat masuk ke dalam tempat oli motor matic. Setelah selesai, anda dapat menutup kembali baut atas dengan kencang kemudian cobalah motor matic anda, jika terjadi kebocoran, maka kemungkinan baut yang anda pasang belum pas dan anda perlu mengencangkannya lagi.

Kapan harus mengganti oli gardan motor matic?

Waktu normal untuk mengganti oli gardan adalah 6 bulan sekali. Atau patokan lain yang dapat anda gunakan untuk mengganti oli gardan adalah ketika speedometer anda sudah bertambah 5.000 km dari angka semula. Penggantian rutin ini penting agar matic anda tidak mengalami keausan mesin yang berakibat fatal pada motor. Perhatikan pula cara mengganti oli gardan motor matic yang benar agar tidak terjadi masalah pada mesin.

Itulah tadi beberapa cara mengganti oli gardan motor matic yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Cara mengganti oli gardan motor matic harus melalui beberapa tahapan yang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara mengganti oli untuk motor gigi.

Incoming Search Terms:

Cara Mengganti Oli Gardan Motor Matic Sendiri Mudah | Gina Nurhidayati | 4.5
Threesome