Cara Menghemat Bahan Bakar BBM Mobil Saat Macet

Cara Menghemat Bahan Bakar BBM Mobil Saat MacetKeadaan lalu lintas di kota-kota besar terutama keadaan lalu lintas di jalan protocol kota besar pastilah terjadi kemacetan.  Volume kendaraan yang semakin bertambah dengan tak diikuti pelebaran jalan membuat jalanan semakin padat.  Kondisi jalan yang berlubang juga membuat pengendara harus memacu perjalanannya secara perlahan.  Secara tidak langsung hal ini juga membuat antrian kendaraan.

Beberapa pengendara mungkin mengalami ketakutan yang sama yaitu mengalami kehabisan bensin atau bahan bakar ketika sedang berada ditengah kemacetan.  Hal ini bisa disebut wajar karena konsumsi bahan bakar ketika jalanan tersendat bisa lebih besar disbanding ketika kondisi jalan lancar.  Ada beberapa pendapat yang menyebutkan sebaiknya selalu mengisi bahan bakar setiap melihat pom bensin.  Sebaiknya lakukan pengisian bahan bkar walaupun stok bahan bakar masih tersedia banyak dalam kendaraan.  Tangki bensin yang terisi penuh bisa terhindar dari kehabisan bahan bakar dalam kondisi jalanan yang macet.

Melakukan stop and go adalah salah satu penyebab dari borosnya bahan bakar ketika macet.  Untuk mengatasi itu anda bisa mematikan kendaraan anda ketika macet dan menyalakannya kembali ketika akan maju.  Namun cara ini akan berdampak pada aki mobil anda.  Jika anda akan melakukan hal tersebut, anda bisa mengakalinya dengan cara menyalakan mobil agak lama ketika penyalaan mesin mobil ke 10 kali untuk mengisi aki mobil.  Tapi hal ini akan beresiko jika aki dalam keadaan yang soak.  Berikut inilah beberapa hal lain yang mungkin bisa anda lakukan ketika macet untuk menghemat bahan bakar mobil.

Cara Menghemat Bahan Bakar BBM Mobil Saat Macet

  1. Pantaulah Pemakaian Bahan Bakar

Ketika pengisian  bahan bakar full tangki anda bisa melakukan reset pada tripmeter yang ada didashboard.  Hal ini bisa menjadi tolok ukur apakah konsumsi bahan bakar anda irit atau malah boros.

  1. Pedal Rem Diinjak Seperlunya

Anda dapat menggunakan gaya meluncur dari mobil anda, biarkan mobil meluncur dan ketika waktunya berhenti baru anda bisa menginjak rem pada mobil anda tersebut.  Perlakuan ini dapat sedikit membantu menghemat bahan bakar.  Alasannya adalah karena ketika mobil lain yang berada didepan anda yang semula berhenti kemudian melaju, anda tak perlu stop total, hal itulah yang menyebabkan mesin pada mobil tidak bekerja terlalu keras untuk berakselerasi.

  1. Tetap Waspada

Apabila anda memang ingin menggunakan gaya meluncur dari mobil maka anda harus tetap waspada agar tidak terjadi laka lantas.  Tetap lihat kondisi yang ada disekitar anda dan selalu mematuhi peraturan yang anda salah-salah ketika anda tidak waspada anda bisa menerobos lampu lalu lintas ketika sedang dalam keadaan merah.

  1. Seperti Menaiki Sepeda

Lakukan akselerasi pada saat melalui tanjakan yang kemudian diikuti pengurangan akselerasi tersebut secara perlahan.  Setelah itu barulah naikan kembali akselerasinya ketika akan menyudahi tanjakan.

  1. Keprimaan Kendaraan

Tekanan udara pada ban yang pas, service mesin berkala, oktan pada bahan bakar yang sesuai, dapat membantu menghemat bahan bakar.

  1. Rute Yang Telah Direncanankan

Rute yang akan dilalui sebaiknya direncakan dahulu, terlebih jika anda akan mengunjungi beberapa lokasi.  Pilihlah rute yang keadaanya tidak begitu macet.

  1. Waktu Perjalan Yang Direncanakan

Berkendara ketika jalan sedang dalam kondisi padat seperti pada saat jam pergi atau pulang kantor peluang terkena macet sangatlah besar.

  1. Kaca Pintu Menutup Rapat

Kaca pada pintu yang tertutup dengan rapat akan mengurangi hambatan yang berupa angin ketika mobil sedang melaju yang kemudian bisa mnegurangi konsumsi bahan bakar.

  1. Kurangi Beban Dalam Mobil

Anda dapat meninggalkan barang yang tidak perlu untuk mengurangi beban dalam mobil.

  1. Haluskan Akselerasi

Melakukan akselerasi yang halus dan jangan langsung gas secara full.

  1. Pilih Kendaraan Irit Bahan Bakar

Anda dapat memilih kendaraan yang merupakan kendaraan hemat bahan bakar ketika membeli mobil.

  1. Uji Emisi

Hal satu ini perlu juga diperhatikan, penyetelan emisi yang baik adalah CO : 1%-1,4%. Dengan nilai Lambda 1000-1050.

Cara Menghemat Bahan Bakar BBM Mobil Saat Macet | Hamdani Supiyan | 4.5