Cara Menghilangkan Karat Di Motor Mudah Sederhana

Cara Menghilangkan Karat Di Motor Mudah Sederhana – Siapa yang tak mau memiliki motor yang selalu terlihat baru tanpa adanya karat sedikitpun meski usianya tak lagi baru. Namun demikian tak sedikit orang yang mengeluh karena memiliki masalah karat pada motor kesayangannya yang sulit untuk dihilangkan. Beberapa bagian motor seperti velg, knalpot, dan komponen yang menggunakan besi lainnya. Karat pada motor biasanya timbul ketika motor sering terpapar air hujan. Sifat asam pada air hujan memang sangat mudah untuk bereaksi pada besi motor, sehingga karat pun tidak bisa dielakkan. Jika anda ingin menghilangkan karat pada motor anda, maka beruntung sekali anda mengikuti pembahasan ini. Sebab pembahasan kali ini akan mengupas tuntas cara menghilangkan karat di motor tanpa harus membawanya ke bengkel motor. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak pembahasan berikut ini.

Menghilangkan karat motor dengan air soda

Air soda terkenal sebagai salah satu cairan yang mampu meluruhkan karat pada besi. Sifat basa yang dimilikinya akan bereaksi untuk membersihkan karat yang menempel pada motor anda. Cara penggunaannya terbilang cukup mudah. Cara menghilangkan karat di motor dengan menggunakan air soda dapat dilakukan dengan menyiapkan air soda terlebih dahulu. Pastikan air soda yang anda gunakan adalah air soda murni tanpa campuran apapun. Sebab air soda yang sudah tercampur dengan bahan lain seperti gula tidak dapat berreaksi maksimal terhadap karat besi. Setelah itu bersihkan bagian motor yang berkarat menggunakan air sabun. Lanjutkan dengan membersihkan bagian tersebut menggunakan air soda. Sikat bagian berkarat tersebut hingga karatnya berguguran. Setelah bersih, anda dapat menyiramnya dengan air biasa lalu keringkan dengan kain lap yang ada.

Cara Menghilangkan Karat Di Motor Mudah Sederhana

Menghilangkan karat motor dengan stempet

Bahan stempet ini juga ampuh untuk menghilangkan karat, terutama yang ada di bagian knalpot motor anda. Cara menghilangkan karat di motor kali ini cukup mudah, pertama-tama panaskan motor anda agar knalpot anda juga panas. Setelah itu balurkan stempet pada bagian knalpot yang berkarat menggunakan alat untuk pengolesnya. Setelah itu knalpot akan berasap karena stempet menguap. Proses inilah yang nantinya akan menghilangkan karat pada knalpot motor anda. Sebenarnya tidak hanya stempet yang ampuh menghilangkan karat di knalpot, oli bekas ternyata juga dapat anda manfaatkan. Cara penggunaan oli bekas untuk menghilangkan karat di motor tak jauh berbeda dengan stempet.

Menghilangkan karat motor dengan porstex

Penggunaan porstex untuk menghilangkan karat di motor sangat mudah sekali. Pertama, siapkan wadah untuk tempat porstex, lalu siapkan kuas. Oleskan cairan porstex pada bagian motor yang berkarat hingga benar-benar merata. Biarkan beberapa saat, kemudian bilas dengan air hingga karat pada motor benar-benar hilang. Cara menghilangkan karat di motor yang satu ini perlu sangat berhati-hati, sebab ketika cairan ini mengenai bagian lain seperti mesin, maka dapat melunturkan catnya.

Menghilangkan karat motor dengan cairan penghilang karat

Cairan penghilang dapat anda beli di toko bangunan terdekat. Cara menghilangkan karat di motor menggunakan cairan penghilang karat dinilai paling praktis. Anda tinggal menyemprotkan cairan tersebut pada bagian motor yang berkarat. Usahakan sebelum disemprot, motor dalam keadaan bersih. Lanjutkan dengan menyikat bagian berkarat tersebut, kemudian siram dengan air dan keringkan menggunakan lap.

Nah itu tadi beberapa cara menghilangkan karat di motor yang dapat kami sampaikan. Hal terpenting setelah anda selesai menghilangkan karat pada motor, anda perlu mengaplikasikan cat antikarat agar motor kesayangan anda tidak mudah berkarat lagi. Selamat mencoba.

Cara menghilangkan karat di motor dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa cairan khusus seperti air soda, oli bekas, stempet, dan juga cairan penghilang karat.

Incoming Search Terms:

Cara Menghilangkan Karat Di Motor Mudah Sederhana | Gina Nurhidayati | 4.5