Cara Menyetel Rantai Keteng Motor Mudah

Cara Menyetel Rantai Keteng Motor Mudah – Umumnya mesin motor dengan torsi 4 tak sudah memanfaatkan rantai keteng sebagai penghubung putaran pada poros engkol atau biasa disebut kruck as yang ada di bak mesin ke noken as dari kop silinder, tapi ada juga kendaraan yang menggunakan jenis push rod misalnya pada motor Honda CG. Oleh karena itu dalam pemasangan komponen yang satu ini perlu dilakukan dengan baik dan benar. Nah untuk kali ini akan mencoba berbagi sedikit informasi mengenai cara memasang rantai keteng dan cara melepasnya.

Cara Untuk Memasang Rantai Keteng Motor

Langkah awal dalam memasang rantai keteng yang perlu diperhatikan ialah posisi top mesin tak berubah. Jika pemasangan sudah selesai dilakukan, selanjutnya anda perlu mengecek klep dan jika memungkinkan silahkan anda stel ulang klep tersebut. Jika pemasangan rantai keeng tidak sesuai atau tidak pas pada bagian top, maka mesin tidak dapat atau susah dihidupkan, kalaupun mesin hidup namun tidak seperti biasanya atau tidak normal.

Cara Menyetel Rantai Keteng Motor Mudah

Cara Menyetel Rantai Keteng Motor

Hal paling parah adalag klep akan bengkok. Oleh karena itu pada saat memasang rantai keteng harus dilakukan secara teliti. Kalau hal ini terlanjur menimpa anda, tentunya anda perlu mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk membeli klep baru dan membayar jasa mekanik dibengkel tempat anda memasang klep tersebut. Jadi, untuk pemasangan rantai keteng perlu anda lakukan dengan penuh kehati-hatian dan jangan sampai asal-asalan.

Cara Melepas Rantai Keteng Motor

Langkah awal adalah topkan terlebih dulu mesin motor anda, untuk yang belum mengetahui caranya bisa dilihat dibawah ini sebagai berikut. Sebelum itu, anda perlu memutar magnet ke sebelah kiri kira-kira sebanyak dua kali putaran. Agar anda lebih mudah lagi dalam melihat tanda top, berikut bagian yang perlu anda buka.

  1. Bukalah bagian tutup tanda top yang ada di bak magnet, lalu pada magnit ada tulisan huruf T, anda perlu mensejajarkan huruf tersebut dengan coakan atau garis yang ada di bak magnet.
  2. Selanjutnya buka gear timing atau tutup gigi di kop silinder, terdapat tanda titik pada gear yang harus sejajar dengan garis atau coakan di kop silinder.
  3. Kemudian bukalah tutup klep, untuk posisi kedua roker arm atau temlar diharuskan netral dan tidak menekan bagian klep.
  4. Agar lebih yakin lagi, bukalah busi lalu cek piston apakah berada pada posisi diatas TMA. Keberadaan top piston sendiri diharuskan di TMA (Titik Mati Atas).
  5. Jika sudah yakin kalau mesin sudah dalam posisi top, baru anda bisa melepas magnet, bak magnet, gear starter dan piranti lain yang melekat di bak magnet.
  6. Lalu anda lepaskan baut gear timing yang ada di kop silinder, lepaskan juga bagian penekan rantai keteng (otomatis timing). Sampai disini barulah rantai keteng bisa anda lepas.

Selesai sudah tugas kami membahas cara menyetel rantai keteng pada sepeda motor.

Incoming Search Terms:

Cara Menyetel Rantai Keteng Motor Mudah | Acim Sucipto | 4.5
Threesome