Ini Dia Cara Kerja Ac Pada Mobil

Cara Kerja Ac Pada Mobil – Sebagai pengguna kendaraan roda empat, tentu kita sudah akrab dengan salah satu komponen interiornya yakni air conditioner atau AC. Mobil dengan dukungan AC selalu menjadi pilihan utama para calon pembeli. Sebagai pengguna kendaraan roda empat, lebih afdol lagi jika kita lebih mengenal dekat komponen dan prinsip kerja dari AC sehingga jika sewaktu-waktu Ac rusak kita sudah tahu sebab akibatnya.

Dari cara kerjanya, ac ini hampi sama seperti kulkas yang mengubah udara panas dalam kabin menjadi udara dingin dengan mengeluarkannya sehingga penggunanya tidak kepanasan didalam mobil, terlebih lagi pada saat berkendara dijalanan macet dan cuaca sedang panas. Sistem kerjanya sendiri ialah mengeluarkan gas freon dalam mobil ketika pertama kali ac dinyalakn. Dibawah ini adalah urutan cara kerja Ac pada mobil.

Ini Dia Cara Kerja Ac Pada Mobil

Cara Kerja Ac Pada Mobil

Sistem Kerja AC Mobil :

  1. Kompresor AC yang berputar akan menghisap gas freon bertekanan rendah kemudian memompanya menuju kembali ke kompresor Ac namun dengan tekanan tinggi. Lalu freon akan diubah bentuk jadi cair oleh kondensor.
  2. Setelah freon menjadi cair lalu akan melewati komponen receiver dryer dimana akan menyaring kotoran yang terdapat pada gas freon tadi.
  3. Kemudian feron akan melewati saluran sempit dari katup ekspansi yang selanjutnya akan masuk ke evaporator untuk dikabutkan.
  4. Lalu dari evaporator, gas freon akan kembali dihisap kompresos dan siklus kerja ac kembali ke awal.

Setelah kita mengetahui sistem kerja dari Ac mobil ini, kini kita akan membahas cara kerja dari komponen yang ada pada sistem Ac di mobil. Berikut pemaparannya untuk anda :

  • Kompresor AC

Komponen ini berputar bersama putaran mesin, fungsinya adalah untuk menghisap freon pada evaporator dan memompannya ke kondensor AC melalui saluran bertegangan tinggi. Dibagian dalam kompresor ac tersebut ada oli khusus yang gunanya ialah untuk pelumas.

  • Kondensor

Selanjutnya kondensor, bagian ini bekerja dengan mengubah freon bertegangan tinggi yang sudah dipompa kompresor tadi menjadi bentuk cair. Caranya dengan menurunkan suhu panas atau mendinginkan gas freon dengan dibantu motor cooling fan.

  • Receiver dryer

Freon cair selanjutnya disalurkan menuju inlet receiver dryer melalui filter kondensor AC, hal ini agar kotoran tersaring dan tidak ada yang masuk. Kini sudah ada beberapa sistem Ac pada mobil yang tidak didukung receiver dryer karena kondensasi dari kondensornya berjalan dengan sempurna.

  • Ekpansi valve

Ekpansi valve atau katup ekspansi ini merupakan saluran kecil yang menjadi tempat saluran freon cair dengan tekanan tinggi daro receiver dryer ke evaporator. Disini freon cair akan dikabutkan.

  • Evaporator

Freon yang dikabutkan pada saat melalui katup ekspansi akan disalurkan ke evaprator dengan suhu dingin. Suhu dingin tersebut akan ditiup oleh angin dari blower sehingga itulah yang dirasakan dalam kabin mobil anda.

Sekian pembahasan kali ini mengenai cara kerja Ac mobil yang bisa kami bagikan untuk anda semua. Semoga setelah melihat dan membaca artikel ini bisa menambah wawasan anda. Sampai jumpa lagi dilain kesempatan dengan pembahasanyang tak kalah menariknya.

Ini Dia Cara Kerja Ac Pada Mobil | Acim Sucipto | 4.5