Inilah 3 Ciri-ciri Rantai Motor Harus Diganti

Ciri-ciri Rantai Motor Harus DigantiPerawatan atau service secara berkala pada sepeda motor tentu akan membuat sepda motor anda tetap dalam keadaan prima.  Selain service berkala anda juga perlu memperhatikan kinerja dari beberapa komponen seperti yang saat ini kita akan sampaikan yaitu komponen Rantai pada sepeda motor.

Dalam memperhatikan komponen rantai pada sepeda motor tidak lengkap rasanya apabila tidak memperhatikan juga komponen pendamping rantai yaitu gir.  Sebagai salah satu komponen penggerak sepeda motor kedua komponen tersebut tentu sangat penting.  Hal ini mungkin tak berlaku untuk sepeda motor dengan sistem matic namun tak demikian untuk sepeda motor bebek atau sepeda motor sport.  Jadi bagi anda pemilik sepeda motor dengan tipe bebek atau sport sangat perlu memperhatikan kedua komponen tersebut.

rantai-motor

Ciri-ciri Rantai Motor Harus Diganti

Gangguan pada kedua komponen tak jarang terjadi pada sebuah sepeda motor.  Rantai yang mengendor atau mur pada gir yang lepas juga bisa terjadi pada sepeda motor anda.  maka dari itu anda harus mengetahui beberapa hal tentang cirri-ciri dari gir atau juga rantai yang harus lekas diganti agar tidak menimbulkan masalah ketika anda sedang dalam perjalanan.  Berikit inilah cirri-ciri gir dan juga rantai yang harus diganti.

Ciri-ciri Rantai Motor Harus Diganti

  1. Kondisi gir yang ujung-ujungnya telah terlihat lebih lancip dan juga lekukan yang telah lebih dalam serta berwarna lebih gelap. Beberapa hal tadi terjadi karena memang adanya gesekan antara gir dan juga rantai sehingga dalam kondisi seperti itulah gir harus segera diganti.
  2. Anda dapat melakukan pengecekan rantai dengan cara menyalakan sepeda motor itu sendiri. Dalam keadaan mesin yang menyala anda dapat memacu sepeda motor anda dalam kecepatan yang rendah.  Ketika anda memacu gas tersebut anda meilhat kondisi rantai pada sepeda motor anda.  Apabila anda melihat rantai yang mulanya kendor kemudian menjadi kencang sehingga membuat roda yang berputar menjadi tidak balance.  Hal itulah yang menandakan kondisi rantai sudah kurang bagus dan harus segera diganti.
  3. Selain itu suara dari rantai dan juga gir ini juga bisa dijadikan patokan apakah kondisi kedua komponen tersebut masih bagus atau tidak. Suara yang kasar dan tak biasa pada rantai dan juga gir bisa saja terdengar karena kedua komponen tersebut sudah aus dan harus diganti atau mungkin posisi pemasangannya yang kurang tepat.

Itulah beberapa hal yang bisa anda perhatikan pada komponen rantai dan juga gir.  Apabila anda menemukan hal tersebut di rantai dan juga gir sepeda motor anda maka segeralah ganti kedua komponen tersebut.

Inilah 3 Ciri-ciri Rantai Motor Harus Diganti | Hamdani Supiyan | 4.5