Inilah Cara Kerja Rem Tromol Mobil

Cara Kerja Rem Tromol Mobil – Apakah anda sudah mengetahui bagaimana cara atau prinsip kerja dari rem tromol pada tunggangan anda? Secara umum, cara kerja dari rem baik itu pada mobil maupun motor ialah untuk memperlambat atau menghentikan laju dari kendaraan tersebut. Selain itu, rem juga memiliki andil penting dalam menjaga keselamatan pengemudi dan penumpang yang ada didalamnya.

Pengereman sendiri bisa terjadi karena adanya dua benda yang saling bergesekan. Sistem rem mampu bekerja karena adanya energi tekan melawan energi gerak sehingga perputaran roda mampu mengakibatkan panas. Maka dari itu, cara kerja rem ialah mengubah energi gerak ke energi panas.

Inilah Cara Kerja Rem Tromol Mobil

Cara Kerja Rem Tromol Mobil

Pada kendaraan bermotor sendiri kita akan lebih sering menjumpai jenis rem tromol. Dimana pada cara kerja rem tromol adalah dengan memakai cara mekanikal atau menggunakan tuas sebagai penggeraknya.

Cara Kerja Rem Tromol Mobil :

1. Ketika Proses Pengereman

Ketika pedal rem di injak atau tuas ditarik, maka komponen yangt terdapat pada rem tromol akan mengalami pergerakan, seperti pergesekan antara kanvas rem dan juga tromol. Kanvas rem akan ditekan oleh piston dan akibatnya terjadilah esekan yang kuat sehingga putara atau gerakan pada rem tromol dapat terhenti. Selain itu, per pengembali juga akan meregan saat terjadinya proses pengereman tersebut.

2. Sesudah Pengereman

Setelah pengereman selesai dan tuas atau pedal dilepaskan ke posisi semula, maka secara otomatis kanvas akan dikembalikan ke posisi semula oleh per pengembali, jadi tidak lagi terjadi gaya gesek antara kedua komponen yakni tromol dan kanvas rem tersebut.

Pemakaian rem tromol pada semua jenis kendaraan bermotor pasti ada keunggulan dan kelemahannya. Untuk keunggulannya ialah rem tromol mampu beroperasi secara optimal walaupun mengankut beban yang berat dan banyak, hal itulah yang menjadikan banyak kendaraan berat seperti truk memakai jenis rem tromol ini.

Kekurangan pada penggunaan rem tromol sendiri adalah sistem yang tertutup. Dimana hal tersebut menyebabkan para pengguna rem tromol sedikit malas untuk mengecek bagian tersebut dan jika terdapat kotoran didalam rem tromol ini maka perawatan ataupun penggantian perlu membuka bagoian roda nya terlebih dulu, dan tentu saja itu akan sangat merepotkan. Hal ini jugalah yang membuat air ketika banjir terjadi maasuk kedalam ruang rem tromol, jadi proses pengereman akan sedikit sulit, namun anda bisa mensiasatinya dengan menekan setengah pedal rem ketika kendaraan sedang melaju.

Dengan mengetahui keunggulan dan kelemahan rem tromol ini, anda bisa menyesuaikan penggunaan sistem rem mana yang pas dan sesuai dengan kebutuhan kendaraan bermotor anda. Sekian dulu pembahasan kali ini tentang cara kerja rem tromol pada mobil. Semoga bermanfaat.

Incoming Search Terms:

  • cara kerja rem tromol
  • prinsip kerja rem tromol
  • cara kerja rem tromol mobil
  • cara kerja rem tromol com
  • cara kerja rem tromol mobil suzuki
Inilah Cara Kerja Rem Tromol Mobil | Acim Sucipto | 4.5