Mengenal Jenis Surat Tilang Kendaraan Bermotor

Jenis Surat Tilang Kendaraan BermotorBagi anda pengendara kendaraan bermotor mungkin sering melihat polisi yang sedang melakukan pemeriksaan kelengkapan kendaraan bermotor atau biasa disebut dengan razia.  Polisi melakukan hal seperti itu bukan tanpa alasan, karena memang banyak pengendara yang ada di Indonesia kurang mematuhi peraturan yang ada.

poljur

Jenis Surat Tilang Kendaraan Bermotor

Oleh karena itu pihak kepolisian sering melakukan pemeriksaan untuk menertibkan pengendara yang ada dijalanan agar lebih taat dan patuh terhadap peraturan berkendara dan berlalu lintas.  Karena keteledoran diri sendiri tak jarang juga kita terkena tilang.  Hal yang terlihat sepele dan sering dilakukan pengendara adalah lampu yang tidak dinyalakan ataupun juga surat-surat kendaraan yang tertinggal karena terburu-buru ketika akan berangkat.  Selain mematuhi tata tertib lalu lintas kita juga perlu mengetahui macam-macam surat tilang agar tidak dikelabui oleh oknum kepolisian yang mengambil keuntungan karena kesalahan yang anda lakukan.

Dalam membedakan surat tilang kita dapat bedakan melalui warna dari surat tilang tersebut.  Berikut ini kita akan membahas macam-macam surat tilang.

  1. Surat Tilang Berwarna Merah

warna-merah

Untuk orang-orang atau pelanggar yang tidak menerima dan juga memberikan bantahan terhadap pelanggaran yang dituduhkan padanya oleh Polantas maka akan diberi surat tilang berwarna merah.  Karena sanggahan itulah pelanggar bisa membela dirinya didepan hakim agar bisa diberi keringanan hukuman.  Tanggal siding itu sendiri biasanya dilakukan maksimal setelah 14 hari dari tanggal terjadinya penilangan dan harinya pun menyesuaikan dengan hari yang telah di tentukan oleh Pengadilan Negeri.

  1. Surat Tilang Berwarna Biru

wana-biru

Untuk surat tilang yang berwarna biru ini biasanya digunakan untuk pelanggar yang mengaku dan memang merasa melakukan kesalahan.  Oleh karena itu orang yang melanggar tersebut tidak usah melakukan pembelaan dihadapan hakim.  Pelanggar bisa minta surat tilang berwarna biru ini dan bisa langsung membayar uang dendanya dengan cara mentransfer ke bank yang ditentukan.

  1. Surat Tilang Berwarna Kuning

warna-kuning

Berikutnya adalah surat tilang yang berwarna kuning.  Surat tilang yang mempunyai warna kuning adalah surat tilamg untuk arsip pihak kepolisian itu sendiri.

  1. Surat Tilang Berwarna Hijau

warna-hijau

Selanjutnya ada surat tilang yang berwarna hijau.  Surat tilang yang berwarna hijau ini digunakan juga untuk arsip.  Bukan arsip kepolisian, melainkan arsip untuk pengadilan.  Surat tilang berwarna hijau ini mempunyai fungsi untuk memproses tindakan yang lebih lanjut lagi sampai perkara tersebut selesai.

  1. Surat Tilang Berwarna Putih

warna-putih

Surat berikutnya ini juga berfungsi sebagai arsip, namun surat ini digunakan untuk arsip dari pihak kejaksaan.  Surat ini juga digunakan sebagai bukti jika ada sebuah masalah dalam persiddangan juga digunakan sebagai catatan utuk jaksa.

Itulah tadi beberapa jenis surat tilang yang mungkin belum anda ketahui.  Semoga dengan membaca artikel ini anda bisa mengeahui macam-macam surat tilang.

Mengenal Jenis Surat Tilang Kendaraan Bermotor | Hamdani Supiyan | 4.5