Penyebab dan Cara Mengatasi Knalpot Nembak

Penyebab dan Cara Mengatasi Knalpot Nembak – Anda pasti sering terganggu dengan suara nembak yang kadang dialami oleh knalpot motor orang lain atau bahkan motor anda sendiri. Suara knalpot nembak memang membuat anda yang mengendarai motor tersebut tidak nyaman. Untuk itu banyak orang yang berusaha menghilangkan suara tersebut. Cara paling mudah untuk menyelesaikan masalah knalpot nembak adalah membawanya ke bengkel motor terdekat, maka masalah knalpot nembak akan selesai. Hanya saja jika anda tidak mau mengeluarkan uang, maka anda dapat mengatasi masalah ini dapat sendiri. Untuk itu kali ini akan kami sampaikan mengenai penyebab dan cara mengatasi knalpot nembak yang cukup mudah untuk diikuti.

Mengapa knalpot bisa nembak?

Dalam pembahasan mengenai penyebab dan cara mengatasi knalpot nembak ini paling tidak anda akan mengetahui penyebab timbulnya suara nembak pada knalpot dan juga langkah mudah untuk dapat mengatasinya. Sebenarnya suara nembak pada knalpot seringkali terjadi karena tidak maksimalnya pembakaran bahan bakar kendaraan sehingga muncul letupan yang merupakan proses dari pembakaran yang kedua. Selain itu knalpot anda juga dapat nembak ketika busi motor anda sedang tidak baik atau rusak. Ketika busi rusak, maka kotoran akan mudah menempel dan ketika busi ini terkena air, maka akan menimbulkan bunyi letupan nembak. Ternyata tidak hanya berhenti sampai di situ, ternyata penyebab knalpot motor nembak juga dikarenakan keausan padan air screw pada karburator motor anda. Pada keadaan ini suplai udara menuju ke tempat pembakaran bahan bakar akan berkurang dan muncullah suara nembak ini.

Penyebab dan Cara Mengatasi Knalpot Nembak

Bagaimana mengatasi knalpot nembak?

Setelah membahas mengenai penyebab umum knalpot nembak, pada judul penyebab dan cara mengatasi knalpot nembak ini kami juga tak segan berbagi pengalaman untuk dapat mengatasi masalah tersebut. Lakukanlah pengecekan terhadap beberapa komponen dalam mesin motor. Komponen-komponen tersebut meliputi bagian selang vacuum bahan bakar, busi, filter udara, setelan pilot screw dan juga keadaan dari knalpot anda sendiri.

Penyebab dan cara mengatasi knalpot nembak perlu dicermati satu persatu. Nah pertama periksalah bagian selang vacuum. Selang ini menghubungkan antara bahan bakar dengan tangkinya. Upayakan selang ini dalam kondisi yang baik tanpa ada kerusakan sedikit pun. Selanjutnya periksa juga bagian busi motor anda. Selalu ganti busi ketika dianggap sudah tidak layak digunakan lagi, apalagi ketika busi sudah berkarat atau kotor. Inilah indikasi busi anda perlu segera dicarikan pengganti yang baru. Masa penggunaan busi yang standard biasanya setelah motor anda melaju sejauh 6.000 km. Bagian lainnya yang perlu dicek adalah filter udara. Bagian ini perlu diupayakan untuk selalu bersih. Sebab jika bagian ini kotor, maka udara yang mengalir ke karburator akan terganggu. Jika perlu anda dapat melakukan penggantian filter udara yang sudah tidak layak dipakai.

Selain itu cara menghilangkan suara nembak pada knalpot dalam pembahasan penyebab dan cara mengatasi knalpot nembak kali ini juga dapat anda lakukan dengan mengecek bagian pilot screw-nya. Setel pilot screw sesuai dengan standard yang dibutuhkan oleh mesin motor anda. Selain itu anda juga perlu melakukan pemeriksaan terhadap kondisi knalpot. Knalpot yang sudah berkarat atau rusak perlu diganti agar tidak menimbulkan suara nembak.

Demikian tadi pembahasan mengenai penyebab dan cara mengatasi knalpot nembak yang dapat anda jadikan informasi penting, terutama untuk anda yang memiliki motor. Selamat mencoba saran yang kami tawarkan.

Penyebab dan cara mengatasi knalpot nembak perlu anda ketahui terutama anda yang memiliki motor agar dapat mencegah dan mengatasi ketika terjadi suara nembak pada knalpot.

Incoming Search Terms:

Penyebab dan Cara Mengatasi Knalpot Nembak | Gina Nurhidayati | 4.5