Tips Cara Melewati Banjir dengan Motor Matic

Tips Cara Melewati Banjir dengan Motor MaticBagi anda para pengendara kendaraan pribadai terutama pengguna sepeda motor pastilah selalu kerepotan ketika ditengah perjalanan tiba-tiba turun hujan yang deras.  Apabila terjadi hal seperti itu, anda para pengendara sepeda motor pastilah memutuskan untuk menepi kepinggir jalan dan memakai jas hujan yang telah diperisapkan.  Jika hanya hujan saja mungkin ini menjadi hal biasa dan bisa dilewati oleh pengendara sepeda motor.  Tapi jika hujan yang deras tersebut konstan terus terjadi bukan tidak mungkin jalananpun akan tergenang.  Tak hanya genangan air biasa, kemungkinan paling buruk yang mungkin bisa terjadi dijalanan adalah banjir akibat hujan deras yang terjadi.

motor-matic

Cara Melewati Banjir dengan Motor Matic

Jalanan yang banjir ini biasanya banyak menyebabkan sepeda motor mogok ketika sepeda motor tersebut mencoba melewati banjir.  Hal ini dikarenakan adanya air yang masuk kedalam mesin ketika sepeda motor mencoba melewati banjir.

Membawa sepeda motor dalam keadaan banjir memang beresiko, jadi alangkah baiknya anda mempertimbangkan untuk melewati jalanan yang banjir tersebut atau anda bisa memilih jalan lain agar bisa sampai ditempat tujuan tanpa menimbulkan masalah disepeda motor anda.  Akan tetapi jika anda memang terburu-buru dan terpaksa akan melewati banjir tersebut maka anda harus memperhatikan beberapa hal agar motor anda tidak mogok ditengah kubangan banjir yang akhirnya membuat motor anda mogok.  Berikut ini beberapa hal yang bisa anda perhatikan yang mungkin meminimalisir kemungkinan sepeda motor anda mogok saat melewati banjir.

  1. Hal pertama yang perlu anda perhatikan sebelum anda melewati banjir adalah kondisi jalanan yang banjir tersebut. Ketika anda berkendara dijalanan yang banjir pastikan anda menghindari jalanan yang berlubang agar roda sepeda anda tidak slip yang bisa mengakibatkan anda jatuh.  Selain itu pilihlah sisi jalan yang genangan airnya cenderung lebih dangkal.  Anda bisa melihat sepeda motor orang lain yang mungkin sama dengan motor anda dan anda bisa membuntutinya dari belakang.
  2. Selanjutnya anda harus menghindari arus yang deras ketika anda melewati banjir dengan kendaraan anda. Namun apabila memag sebagian besar air tersebut berarus cukup deras maka pastikan anda tetap berhati-hati dan menjaga keseimbangan.  Jadi anda harus ekstra dan ekstra berhati-hati.
  3. Terus pacu gas secara konstan dan jangan lakukan pengereman dengan cara yang mendadak. Paculah gas motor anda secara stabil yang sambil diselingi penggunaan rem depan dan belakang secara bersamaan serta perlahan untuk mengantisipasi cara kerja rem pada sepeda motor anda masih bekerja dengan baik atau tidak.

Itulah tadi beberapa hal yang bisa anda perhatikan bila terpaksa melewati banjir.  Tapi alangkah lebih baiknya anda memilih jalan lain agar tidak terjadi sesuatu pada anda dan sepeda motor anda.

Incoming Search Terms:

  • cara melewati banjir dengan motor matic
Tips Cara Melewati Banjir dengan Motor Matic | Hamdani Supiyan | 4.5