Tutorial Cara Memasang Aki Pada Mobil

Tutorial Cara Memasang Aki Pada Mobil – Aki atau baterai accu merupakan salah satu komponen yang teramat penting pada mobil. Fungsinya tentu saja untuk mengalirkan sumber listrik ke semua komponen elektrik yang ada pada mobil. Aki yang mengalami masalah tentu akan menyebabkan permasalahan lain. Salah satu contoh besarnya ialah matinya dinamo starter sehingga mesin tidak bisa dihidupkan. Dengan begitu, sudah pasti kita akan memerlukan pergantian aki.

Bagi yang tempat tinggalnya cukup dekat dengan bengkel tentu akan sangat mudah dalam mengganti komponen yang satu ini, selesai sudah permasalahannya. Namun tidak ada salahnya bukan jika kita belajar melepas dan memasang aki mobil secara sendiri dirumah, hal ini untuk berjaga-jaga jika suatu saat kita ingin menggantinya sendiri.

Tutorial Cara Memasang Aki Pada Mobil

Cara Memasang Aki Pada Mobil

Cara melepas aki ini sebenarnya cukup mudah, setelah membuka kap mesin lihat apakah kondisi dan letak aki tersebut tersimpan. Jika cara mengeluarkannya sudah diketahui, baru anda bisa memulai prosesnya. Pertama adalah copot kabel bermuatan negatif atau bisa kabel body/massa lebih dulu. Jika sudah, baru ke kabel positif atau kabel api yang kita copot.

Setelah semua kabel dicopot, aki diangkat tegak lurus secara perlahan dan jangan sampai diguncang. Hal ini dimaksudkan supaya tidak tumpahnya air aki. Kalau aki sudah terlepas, lihat dan perhatikan ruang penyimpanan dan kabel-kabel aki sekelilingnya. Jika terlihat kotor dan berdebu, silahkan anda bersihkan. Kotoran atau korosi akan menghambat arus listrik yang mengalir ke kabel.

Untuk memasang aki baru pada mobil, tinggal taruh seperti posisi aki lama diposisi semula. Ketika hendak memasangkan kabel ke aki yang baru, pastikan kabel positif yang lebih dulu dipasangkan. Kencangkan bautnya dan posisian klem/karet penutup kepala aki kembali seerti semula. Jika sudah benar, baru pasang lagi kabel bermuatan negatif dan kencangkan lagi, baru disusul dengan semua komponen pengaman ruang aki yang dipasangkan.

Sampai ditahap ini anda sudah dapat memasang aki mobil yang baru. Namun, pastikan dengan cara nyalakan komponen kelistrikan seperti misalnya starter mobil atau bisa lampu depan dan lampu sein. Jika menyala dengan baik dan sempurna, maka aki mobil baru sudah terpasang dengan baik.

Namun, tips yang satu ini hanya bisa diterapkan untuk mobil yang belum memakai ECU. Pasalnya jika tanpa prosedur yang baik dan benar, penggantiak aki yang baru dapat menyebabkan suplay listrik ke ECU terputur jadi sistem kelistrikan semuanya akan di reset. Untuk mobil dengan komponen ECU, perlu adanya langkah tambahan misalnya mempersiapkan battery charger. Agar pergantian lebih aman dan nyaman, silahkan lakukan langsung pergantian aki baru ke bengkel resemi terdekat.

Tutorial Cara Memasang Aki Pada Mobil | Acim Sucipto | 4.5